Pesta Merah Putih

Membuat Android Virtual Device Di Komputer

Ini adalah langkah lanjutan untuk mencoba/menikmati Aplikasi Android phone dikomputer kamu, langkah sebelumnya adalah "Memasukkan Mesin" Android Phone ke Komputer.

Setelah kamu berhasil "memasukkan mesin" Android ke komputer kamu maka langkah selanjutnya adalah Membuat Android Virtual Device di komputer kamu.
Android SDK sesungguhnya adalah Android Virtual Device (AVD) itu sendiri, karena dimulai dari sanalah akses ke AVD dimulai. Pilih tab Virtual Devices dan klik pada tombol New.


Lalu akan terbuka jendela Create new Android Virtual Device (AVD). Yang harus kamu lakukan adalah:
Name: beri nama AVD kamu.
Target: Pilih Android OS version yang telah kamu instal sebelumnya. contoh, Android 2.2.
SD Card Size: ini adalah SD Card (Memory Card) Virtual untuk AVD kamu. ukuran minimalnya adalah 9MB. Disini Saya akan membuat SD Card dengan kapasitas 1Gb.
Skin: kamu boleh memilih screen resolution yang telah tersedia atau membuat custom resolution sesuai dengan Hape Android yang kamu inginkan. Disini saya akan memilih WVGA800 (800x480), karena inilah screen resolution sebagian besar HaPe android. Jika ingin membuat Android Tablet, kamu bisa membuat screen resolutionnya jadi 1024x600.
Hardware: ini dipilih secara otomatis. Kamu tidak perlu merubah apapun kecuali kamu tahu apa yang kamu lakukan.

Klik tombol Create AVD


Akan muncul sebuah jendela yang menyatakan bahwa AVD telah dibuat. Klik OK untuk menutup jendela. Perhatian: ketika kamu membuat sebuah AVD, setting-nya tidak dapat diubah. Jika ingin membuat perubahan, kamu harus membuat AVD baru. AVD yang baru saja kamu buat akan muncul dalam daftar Virtual Devices.


Untuk menjalankan AVD, pilih dan kemudian klik tombol Start. Jendela Pilihan Peluncuran akan terbuka, yang memungkinkan kamu untuk mengatur skala tampilan dan Wipe User Data. JANGAN CENTANG keduanya! karena jika kamu memilih untuk menampilkan tampilan/display dalam ukuran sesungguhnya/real size maka kamu akan medapatkan tampilan yang sangat kecil (real size layar hape hanya sekitar 7cm). Cukup klik tombol Launch untuk memulai AVD tersebut.
Mungkin akan butuh sedikit waktu bagi AVD untuk mulai (tergantung Spesifikasi komputer kamu), jadi bersabarlah. AVD juga bisa disebut Android Emulator karena mengemulasi Android device.


Sebelah kiri adalah tampilan android kamu dan sebelah kanan adalah tombol navigasi dan keyboard virtual. Biasanya, kamu akan jarang menggunakan tombol navigasi dan keyboard virtual karena mouse dan keyboard komputer kamu bisa melakukannya.
berikut adalah shortcut untuk membantu kamu menggunakan keyboard komputer kamu untuk menjalankan AVD:


Home Go to the Home Screen
F2 Menu Button
ESC Back Button
F6 Toggle Trackball Mode
Ctrl+F5 Increase Volume
Ctrl+F6 Decrease Volume
Ctrl+F11 Switch Between Portrait and Landscape Mode
Alt+Enter Toggle Full-Screen Mode

Sebelum menjajal AVD, mungkin sebelumnya kamu ingin mencek apakah AVD kamu terkoneksi ke internet? lihat status bar ikon, jika kamu melihat ikon 4 garis dan 2 baris pertamnya menyala, maka kamu sudah terkoneksi ke internet. Kamu bisa memastikannya dengan mengklik web browser ikon di layar AVD.

Selamat Boss!! kamu sudah punya HP Android kamu sendiri. Yang perlu dilakukan hanya tinggal menginstall aplikasi-aplikasi baru di AVD kamu agar Android kamu lebih "hidup"...
0 Komentar untuk "Membuat Android Virtual Device Di Komputer"
Back To Top