Pesta Merah Putih

5 Mitos tentang luar angkasa yang kita yakini sebagai fakta

Agan-agan dan aganwati pasti pernah nonton pilem Armageddon dong? atau mungkin star Wars? atau yang masih anget Transformer: The Dark Side of the Moon?


Pilem2 tentang luar angkasa buatan Hollywood sono emang menarik untuk dilihat. Sehingga ga aneh klo banyak diantara kita yang percaya terhadap apa yang kita lihat di pilem itu dan menganggapnya sebagai fakta karena seringnya konten itu ditayangkan di berbagai pilem.

Berikut 5 Mitos tentang luar angkasa yang diyakini sebagai fakta

1. Sabuk Asteroid sangat mematikan dan sulit untuk dilewati.



FAKTANYA:
Ini gambar tentang barisan asteroid yang diambil dari wikipedia yang bersumber dari NASA

bener gan, digambar ini terdapat sekitar setengah juta asteroid, tapi coba agan perhatikan di pojok kiri bawah. disitu ada planet Jupiter (planet terbesar di tata surya). Nah jika Jupiter aja segede itu, agan bisa ngebayangin jarak antara satu asteroid dengan asteroid yang lainnya..

Pinteerrr....
Ada jarak berkilo-kilo meter jauhnya antara satu asteroid dengan asteroid yang lainnya. NASA sudah pernah mengirim semacam roket untuk melewati Sabuk asteroid dan mereka menyatakan kemungkinan roket menabrak asteroid adalah satu berbanding sejuta.

Jarak antar asteroid pasti berjauhan, kalaupun berdekatan, mereka akan tabrakan dan akan terdorong semakin menjauh karena luar angkasa hampa udara

Jadi jika agan ada waktu ke sono :travel g usah khawatir bakalan nabrak tu asteroid gan

Tentang Sabuk Asteroid di Wikipedia Indonesia


2. Black Hole itu seperti Vacuum cleaner


Mitos: Black Hole adalah semacam lubang cacing yang bisa menyedot apapun, sekali lagi, MENYEDOT APAPUN yang ada disekitarnya

FAKTANYA:
Black hole adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya tarik yang sangat besar. Black Hole memang mempunyai gaya tarik yang sangat besar, tapi tidak semengerikan yang kita bayangkan. Gaya tarik Black Hole juga terbatas, tergantung massa blackhole itu sendiri --belum ada data pasti tentang massa blackhole--. Jika massa blackhole sebesar massa matahari, maka daya tariknyapun hanya sebesar gaya tarik matahari. Tidak lebih tidak kurang. Jadi intinya tidak semua benda luar angkasa bisa disedot oleh blackhole

Lalu apakah bentuknya seperti lubang cacing?
Tidak gan, black hole tidak seperti lubang cacing
bentuknya seperti ini gan...


Seperti Bumi yang mempunyai gaya tarik untuk "mengikat" bulan, Matahari yang memiliki gaya tarik untuk "mengikat" planet2 di tata surya,
banyak ilmuwan yang meyakini blackhole adalah pusat dari seluruh galaksi, jadi gaya tarik blackhole adalah untuk "mengikat" seluruh galaksi tetap pada tempatnya.

Jadi blackhole ga berbahaya selama kita tidak mendekat.

Tentang Blackhole di Wikipedia Indonesia


3. Matahari berwarna kuning


FAKTANYA:
Warna matahari tidak benar-benar kuning. Matahari terlihat kuning karena sinar dari matahari dibiaskan oleh atmosfir Bumi.
Suhu matahari sekitar 5730 derajat celcius, dan satu-satunya warna yang mungkin dimiliki oleh bintang dengan suhu seperti itu adalah warna.....
Warna matahari itu putih gan...
---sumber---


4. Batu Meteor itu panas


FAKTANYA
Batu meteor telah berada di luar angkasa yang dingin (sekitar -3 derajat celsius) selama milyaran tahun. Ketika memasuki memasuki bumi, meteor hanya bergesekan dengan atmosfir selama beberapa menit karena kecepatannya yang sangat tinggi. (kecepatan si Afriyani Susanti mah ga da apa-apa nya gan)

Apapun yg terjadi di atmosfir, tidak cukup waktu untuk membuat meteor menjadi sangat panas dan terbakar. faktanya, ketika menghantam bumi suhu meteor hanya suam-suam atau hangat-hangat kuku...

Lalu bagaimana dengan ekor api yang sering terlihat?
Begini gan, kecepatan meteor yang sangat tinggi mengakibatkan udara didepannya tertekan sehingga membentuk semacam tameng dan udara dibagian belakang kosong sehingga dari kejauhan terlihat seperti ekor api.


5. Ada bagian Bulan yang selalu gelap.


FAKTANYA:
Tidak ada bagian bulan yang selalu gelap. Memang benar permukaan bulan yang menghadap bumi tidak berubah sepanjang waktu. tetapi itu prmukaan bulan yang menghadap bumi, sedangkan permukaan bulan yang menghadap matahari berubah-ubah seiring pergerakan bulan mengelilingi bumi.
Tag : Pengetahuan
2 Komentar untuk "5 Mitos tentang luar angkasa yang kita yakini sebagai fakta"

What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

Hey keep posting such good and meaningful articles.

Back To Top