Pesta Merah Putih

Memasukkan "mesin" Android phone ke Komputer

Pernah kesal karena HP android teman kamu yang kamu pinjam diambil pemiliknya? Penasaran dengan aplikasi HP android? kenapa tidak kamu coba di PC atau laptop kamu? yang perlu kamu lakukan hanya mendownload dan menginstal beberapa software, merubah beberapa setting dan kamu akan memiliki HP Android virtual di PC/Laptop kamu. Gratis!!

Catatan: Trik HP Android Virtual ini hanya untuk menjalankan aplikasi HP Android, jadi kamu tidak akan bisa menelepon, SMS, atau Fasilitas GPS.

Semua panduan ini saya lakukan di OS Windows 7, tapi ini juga seharusnya bisa diterapkan di Windows XP 32bit atau Windows Vista 32bit dan 64bit.

1. Pastikan Java (JRE) telah terinstal di komputer kamu, jika kamu ga yakin, Click disini untuk mengeceknya. Jika belum atau Versi Java kamu versi lama, ikuti petunjuk untuk menginstal Java versi terbaru. Versi Java yang disarankan oleh Android SDK adalah JDK (Java Development Kit), tapi Java Versi Standar (JRE) pun tidak apa2.

2. Download Android SDK Starter Package. Tak perlu di instal, cukup di extract.
Buka folder android-sdk-windows dan jalankan SDK Setup.exe, itu adalah Android SDK and AVD Manager application


Jika java belum terinstal dengan benar, maka akan muncul pesa bahwa java tidak ditemukan.


Jika ini pertama kalinya kamu menjalankan Android SDK dan AVD manager, kamu akan melihat jendela yang menyatakan repository tidak ditemukan. Jika iya, kamu harus merubah setting SDK untuk menggunakan HTTP daripada HTTPS, untuk melakukannya klik close. Lalu kamu akan melihat jendela "Choose Packages to Install" tapi tak ada apa-untuk dipilih. klik cancel. lalu kamu kan melihat jendela Android SDK and AVD Manager. klik kolom setting dan centang pilihan "Force https://... Sources to be fetched using http://..."


Lalu pilih tab Available Packages, kamu akan melihat sebuah situs tunggal dalam daftar: https://dl-ssl.google.com/android/repository/repository.xml. Pilih situs ini dan daftar paket akan muncul di bawahnya. Jika Anda ingin mencoba versi Android yang lain, tinggal aktifkan semua paket.


Jika kamu hanya ingin menggunakan Android 2.2, maka paket harus anda download hanyalah: "Documentation for Android SDK, API8, revision 1"; "SDK Platform Android 2.2, API8, revision 1"; "Samples for SDK API8, revision 1"; and Google APIs by Google Inc., Android API8, revision 1."

Setelah kamu memilih paket-paket yang ingin di-download, klik tombol "Install Selected". Ini akan membuka jendela "Choose Packages to Install", berisi daftar semua paket sebelumnya dipilih. (Jika Anda tidak menemukan HTTPS eroor ketika pertama kali menjalankan SDK, maka ini adalah layar pertama yang akan kamu lihat.) Jangan dulu tekan tombol Install. Anda akan melihat ada tanda "?" di sebagian paket yang dipilih. tanda itu berarti kamu harus menerima perjanjian lisensi untuk masing-masing paket sebelum Anda dapat menginstalnya. Pilih setiap paket yang memiliki tanda tanya lalu klik tombol Accept. Setelah semua paket di-Accept barulah klik tombol Install.


Jika kamu memilih untuk menginstal semua paket yang tersedia, mungkin diperlukan beberapa menit untuk men-download mereka semua. Ketika selesai, anda akan melihat jendela yang mengatakan sesuatu, misalnya "Done, 12 packages installed." Klik Close.

Selesai? Belum Bos... Seperti Judulnya "Memasukkan "mesin" Android phone ke Komputer" langkah-langkah diatas hanya untuk "memasukkan Mesin" android ke komputer saja, untuk menjalankan Aplikasi Android masih ada beberapa langkah yang harus ditempuh seperti "Membuat Android Virtual Device" dan "Menginstal Aplikasi Android" yang anda inginkan. Tapi Tenang Bos, Langkah selanjutnya akan saya jelaskan di postingan berikutnya...
0 Komentar untuk "Memasukkan "mesin" Android phone ke Komputer"
Back To Top